KULINER

Resto Alas Daun Bandung, Tempat Kuliner Khas Sunda Dengan Sensasi Alas Daun Pisang

Resto Alas Daun Di Bandung adalah salah satu Tempat Wisata Kuliner Di Bandung yang terkenal.

Jawakini.com, Jakarta – Walaupun sederhana, makan di atas alas daun memang sangat nikmat. Jika Kalian merindukan suasana dan sensasi makan di atas daun, sebaiknya pergi saja ke Alas Daun Bandung. Restoran berkonsep nuansa alam khas Indonesia memang sedang populer saat ini. Salah satu tempat kuliner di Bandung yang menyajikan konsep makan di atas alas daun ialah Restoran Alas Daun Bandung dengan konsep tradisionalnya yang khas. Bahkan tempat ini tak pernah sepi pengunjung, karena itu ada baiknya Anda melakukan reservasi di Traveloka Eats terlebih dulu.

Rumah Makan Alas Daun Bandung Dengan Konsep Unik

Konsep utama dari cita rasa wisata kuliner tradisional Bandung yang ada di resto ini ialah konsep tradisional Sunda. Konsep restoran ini memang jelas terasa, mulai dari desain dan arsitektur bangunannya. Meskipun demikian restoran ini memiliki menu yang beragam. Di sini konsep penyajian makanannya dihidangkan dengan cara prasmanan. Dimana para pengunjung lebih bebas mengambil dan memilih makanan apa saja yang telah disediakan di tempat penyimpanan makanan tepatnya yang diletakkan di atas meja panjang.

Kemudian dimakan bersama-sama, sebagai cita rasa tradisional adat Sunda zaman dulu yang lebih mengedepankan persaudaraan dan kebersamaan. Sebenarnya di zaman sekarang pun, kita masih tetap bisa melihat cara “makan bersama” atau bacakan dalam bahasa Sunda, khususnya di kampung-kampung yang ada di Jawa Barat. Dengan konsep ini, berbagai macam bahan makanan, seperti nasi dan lauk pauknya disajikan secara langsung di atas daun pisang yang dibuat memanjang. Lalu beberapa orang akan duduk bersila atau berlipat sembari mengelilingi alas daun pisang tadi, dan menyantap makanan secara bersamaan. Walaupun cara ini umumnya dilakukan di beberapa acara kumpul bersama tapi secara sosial, konsep makan seperti ini justru dianggap menghadirkan nilai solidaritas dan kebersamaan yang begitu tinggi. Konsep inilah yang akhirnya digunakan dan diambil oleh Resto Alas Daun Bandung. Walaupun ada sedikit modifikasi dari caranya, Restoran Alam Daun menyediakan daun pisang sebagai alas makan namun tidak dibuat memanjang melainkan diberikan ke satu per satu pengunjung.

Perlu kita ketahui bahwa resto ini memiliki 3 ruangan, terdiri dari ruang depan, ruang tengah, dan ruang belakang menyatu bersama tempat mengambil makanan dan ditata secara prasmanan. Konsep prasmanan inilah biasanya membebaskan para pengunjung memilih beraneka macam makanan yang mereka sukai.

Apa Saja Menu yang Ditawarkan?

Bagi Kalian yang penasaran dengan menu di restoran Alas Daun Bandung ini, berikut ulasannya :

1. Ayam Bumbu Hejo

Menu ini berupa makanan yang terbuat dari daging ayam goreng, lalu disajikan bersama sambal hijau berminyak di atas kuali mini. Rasanya yang nikmat dan sedap, tentu saja membuat para penikmatnya ketagihan. Apalagi daging ayamnya dibuat dengan tekstur yang empuk dan sedikit basah tak kalah dari ayam goreng. Bahkan bumbunya meresap hingga ke bagian dalam daging, dengan rasa cabai hijau yang cukup kuat tapi pedasnya tak terlalu menyengat.

2. Orak Arik Bunga Pepaya

Menu kuliner yang satu ini adalah menu andalan dari Resto Alas Daun, dengan bahan makanan yang terdiri dari kacang panjang, bunga pepaya, cabe rawit, dan telur. Tingkat kegurihan dan keasinannya bisa dikatakan pas. Belum lagi ditambah dengan sedikit rasa pahit khas yang berasal dari bunga pepaya menambah citarasa yang unik pada masakan ini.

3. Pepes Tahu

Salah satu makanan favorit orang Sunda adalah pepes tahu. Jadi jika kalian penggemar pepes tahu, kalian bisa memesannya di resto ini. Porsi yang disediakannya bisa dibilang berukuran jumbo. Pepes tahu dibuat dengan cara tahu dihancurkan lalu dimasak kemudian dicampur bersama daun kemangi, telur, cabai rawit, daun bawang, lalu dibungkus memakai daun pisang dan dikukus hingga menjadi tahu pepes yang empuk dan gurih. Dengan aroma daun kemangi yang terasa kuat.

4. Sate Maranggi

Salah satu menu kuliner paling diburu oleh para pecinta kuliner. Satenya tak diberi bumbu pelengkap seperti bumbu kecap atau kacang. Seperti sate maranggi pada umumnya, sate maranggi di Alas Daun Bandung juga disajikan bersama sambal khas, bukan berupa bumbu kacang. Hidangan ini memiliki dominan rasa manis yang pas dan dagingnya yang empuk, serta memiliki aroma daging sapi yang cukup kuat.
Itulah ulasan mengenai Resto Alas Daun yang ada di Bandung. Penasaran? langsung saja siapkan waktu anda untuk pergi ke Bandung dan mencicipi hidangannya.