JAWA BARAT

Prabowo-Sandiaga Unggul Pilpres 2019 di Kota Tasikmalaya

Rapat pleno rekapitulasi suara Pemilihan Presiden tingkat Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Senin (6/05/2019).

Jawakini.com, Tasikmalaya – Pasangan Calon Presiden dan Wakil Calon Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno unggul meraih suara terbanyak mengalahkan pasangan nomor urut 01, Joko Widodo-Maruf Amin hasil penghitungan perolehan suara Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, yang berakhir, Senin dini hari.

Ketua KPU Kota Tasikmalaya, Ade Zaenal Muttaqin mengatakan, pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi suara Pilpres maupun legislatif sudah selesai dan berakhir dengan lancar.

“Secara umum pelaksanaan berjalan baik dan lancar,” kata Ade.

Hasil penghitungan suara pilpres pasangan nomor urut 02 meraih 314.258 suara, sedangkan pasangan Jokowi-Maruf hanya meraih 111.805 suara, dan suara tidak sah sebanyak 9.449.

Rapat pleno rekapitulasi digelar sejak Sabtu (4/5/2019) dan baru selesai, Senin sekitar pukul 01.30 WIB. Hasil rapat tersebut disepakati oleh jajaran Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Tasikmalaya.

Ade mengungkapkan, rapat pleno rekapitulasi penghitungan sempat ada beberapa interupsi, namun akhirnya bisa diselesaikan.

Hasil rekapitulasi itu, kata dia, akan diserahkan ke KPU Provinsi Jawa Barat untuk dilakukan penghitungan kembali di tingkat provinsi.

“Penghitungan akan dilakukan di tingkat provinsi, dan secara berjenjang dilakukan di tingkat nasional,” katanya. (fer)