UKM & KOPERASI

Koperumnas Go Nasional, Bangun Perumahan Berbasis Syariah di Berbagai Kota

Koperasi Perumahan Nasional (Koperumnas) terus mengembangkan sayap program kepemilikan rumah bagi masyarakat.

Jawakini.com, Bogor – Koperasi Perumahan Nasional (Koperumnas) terus mengembangkan sayap program kepemilikan rumah bagi masyarakat dengan cara berkoperasi dan gotong royong secara syariah. Dalam kurun kurang dari lima tahun ini, Koperumnas sudah membangun perumahan tanpa riba di lima provinsi.

Lokasi perumahan Koperumnas yang sudah tersedia saat ini yakni Koperumnas Residence di belakang Citra Grand, Desa Singasari, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Dengan tipe T36/60, perumahan sekelas cluster ini dibanderol Rp161 juta (sebelum harga naik) dan bisa dicicil dengan simpanan wajib di Koperumnas Rp900 ribu/bulan.

Kedua, di Desa Tajur, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Harga T 36/70 dibanderol sedikit lebih mahal Rp181 juta (sebelum harga naik) dengan simpanan wajib sebagai cicilan Rp1 juta/bulan. Terdapat pula Tipe 30/72 dengan luas tanah 6×12 m2 dan luas bangunan 6×6 m2, 2 kamar tidur, 1 kamar mandi.

“Spesifikasinya, sertifikat SHGB, listrik 900 watt, air tanah/sumur pantek, dinding bata ringan/finishing plester aci, struktur/pondasi RISHA, keramik lantai polos 40×40 cm2, keramik lantai kamar mandi polos 20×25 cm2, kloset jongkok, rangka atap baja ringan, plafond triplek, kusen pintu/jendela aluminium, daun pintu double triplek, pintu toilet PVC, dan double dinding,” kata General Manager Koperumnas, Diah Kusuma Putri Muda.

Telah dibangun pula perumahan Koperumnas yang layak dan murah dengan kepemilikan secara syariah tanpa riba di Tanjung Pinang Kepulauan Riau (Kepri), tepatnya di Kampung Sidomulyo, Jalan Kapodang 2 dekat sekolah De Green Camp. Dengan simpanan pokok Rp300 ribu dan simpanan wajib minimal 1juta bisa memiliki rumah T36/80 dengan harga jual Rp150 juta
T36/80.

Koperumnas juga hadir di Mamuju, tepatnya di Topoyo, Desa Tabalong, Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat. “Harga dan tipe sama dengan di Tanjung Pinang. Lokasi strategis pinggir jalan dekat dengan kampus Universitas Tomakaka, ada 6 pabrik sawit, dan akan dibangun kilang minyak dekat lokasi kami, dekat dengan sekolah SD, SMP, dan lainnya,” kata General Manager Koperumnas Diah Kusuma Putri Muda.

Kemudian, Koperumnas membuka lokasi baru di Jalan Jembatan 3 Liang Anggang, Landasan Ulin Selatan, Banjar Baru, Kalimantan Selatan. Di sini akan dibuka 1.500 unit rumah T36/120 m2 rumah tunggal, sekelas cluster tahan gempa dan tahan api. Lokasi ditempuh 15 menit ke bandara, dekat rumah sakit, sekolah, Pasar Ulin, dan dekat kantor gubernur yang baru.

Yang terbaru, sudah tersedia pula lokasi di Pekan Baru Tenayan. Dengan simpanan wajib Rp1 juta bisa memiliki rumah T36/108 dengan harga jual Rp160 juta.

“Untuk lokasi lain menyusul di seluruh Indonesia. Insya Allah Koperumnas go nasional. Lokasi juga bebas pilih,” ujarnya.

DK Putri Muda menjelaskan, sistem kepemilikan rumah di Koperumnas juga berlaku sama di semua daerah, yakni tanpa riba, murah dan mudah. Cukup syarat KTP, KK, foto. Gak ada slip gaji artinya penghasilan tidak tetap juga tetap bisa, tidak ada denda kalau telat bayar. Tidak ada riba, satu harga bayar 5 tahun, 10 tahun, 15 tahun sama saja. Akad syariah tidak merugikan kedua pihak. DP 0% karena dari awal bayar sudah masuk angsuran 1, tidak ada tambahan all in sampai SHGB, dibantu SHM urus hanya 500 ribu setelah lunas. Insya Allah cara gotong royong dari anggota untuk anggota dan visioner. Integritas kami teruji selama 20 tahun di bawah manajemen H.M. Aris Suwirya mantan ketua dan pendiri Apersi dan Apernas, pakar konsultan dan ahli developer,” jelas Putri Muda.

Selain itu, di Koperumnas terdapat program cabang dan agen yang mensupport dan mempercepat proses penjualan dan adil dan komitmen. “Koperumnas adalah koperasi zaman now yang berbasis ecommerce, cek aplikasi kami di bit.ly/Koperumnas. Bisa daftar online tanpa harus ke kantor klik bit.ly/Koperumnas02 siapkan KTP KK foto dan ambil NAK id Card dan PPJB ke kantor atau dikirim by Gojek JNT dll. Pembangunan rumah dilakukan setelah nabung dua tahun bertahap karena kami gotong royong, kecuali prioritas dan pakai DP 30%.

Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan informasi lebih jelas juga bisa mengikuti training angkatan I Pelatihan Pengelola Koperasi Perumahan Syariah Indonesia (PPKSI). Melalui kegiatan ini, Koperumnas mengundang masyarakat yang berminat untuk dilatih menjadi Korwil/Cabang Eksklusif pertanahan Koperumnas.

Training akan dilaksanakan pada Sabtu 15 Desember Desember 2018 mulai pukul 13.00 WIB di Hotel Arnava, Jalan Pal Putih No.197A, RT 1/2, Kramat, Senen, Jakarta Pusat.

“Materinya akan membahas penentuan dan pencarian lokasi perumahan yang strategis dan tepat peruntukannya, pengetahuan legalitas Koperumnas, aplikasi dan implementasi SOP Korwil/Cabang Exlusive/cabang kabupaten/cabang/agen, dan penjelasan bagi hak dan kewajiban serta bagi hasil keuntungan. Biayanya IDR Rp1 juta, free snack dan lunch, sertifikat PPKSI Koperumnas, keanggotaan koperumnas, dan materi Koperumnas. Kami sedang mencari 34 koordinator provinsi dan 514 manager cabang di seluruh Indonesia dengan konsep Koperumnas,” papar D.K. Putri Muda. (cep)

About the author

jawakini.com