POLITIK

Alasan Pengunduran Diri Bupati Indramayu

Bupati Indramayu, Anna Sophana.

Jawakini.com, Palu – Kementerian Dalam Negeri melalui tim Direktorat Jenderal Otonomi Daerah mengungkapkan alasan pengunduran diri Bupati Indramayu Anna Sophana karena urusan keluarga.

“Bupati Indramayu menyampaikan alasan bahwa pengunduran diri beliau murni karena alasan keluarga, ingin mengabdikan dirinya untuk merawat dan mengurus keluarga beserta orang tua beliau,” kata Dirjen Otda Soni Sumarsono dalam keterangan yang diterima Antara di Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (11//11/2018).

Anna Sophana yang merupakan istri mantan bupati Indramayu Irianto MS Syafiuddin alias Yance mengaku ingin mengurus suami dan ayahnya yang keduanya sedang sakit.

“Suami beliau masih dalam kondisi sakit-sakitan pascaoperasi dan ayahanda beliau yang sudah sepuh serta sakit dan hanya mau makan bila didampingi atau disuapi beliau,” kata Soni.

Selain itu, Anna juga menyesalkan kesibukannya sebagai kepala daerah membuat dia tidak dapat mendampingi saat ibunya meninggal dunia karena dia sedang berdinas ke luar kota.

“Karena alasan tersebut, maka diambil keputusan mengundurkan diri karena khawatir tidak bisa membagi waktu dengan baik antara mengurus keluarga dan bertugas sebagai bupati untuk melayani masyarakat. Sehingga nantinya akan berimplikasi tidak maksimalnya pelaksanaan tugas beliau sebagai bupati,” katanya.

Tim Otda Kemendagri telah menemui Anna Sophana beserta Ketua DPRD Indramayu, Sekda dan Kabag Pemerintahan pada Kamis (9/11).

Pertemuan tersebut untuk menindaklanjuti permohonan pengunduran diri Anna sebagai Bupati Indramayu yang suratnya diteruskan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ke Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

DPRD Indramayu telah menggelar sidang paripurna untuk mengumumkan pengunduran diri Anna Sophana. Usulan pemberhentian tersebut akan diteruskan oleh DPRD ke Mendagri Tjahjo melalui Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Anna tetap akan menjalankan tugasnya sebagai Bupati Indramayu sampai Mendagri menerbitkan SK pemberhentian. (fra)