JAWA BARAT

Kembali ke Masyarakat, HMI Turun ke Desa

Jawakini.com, Bogor – HMI Cabang Bogor bersinergi dengan masyarakat desa melalui kegiatan revitalisasi sungai di Desa Cibitung Wetan, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Minggu (15/4/2018).

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari program Ruang Insan Cita di antaranya; kegiatan revitalisasi sungai, pembagian dan penanaman pohon, dilanjut dengan menggelar lapak baca (saung literasi). Rangkaian kegiatan tersebut merupakan program berkala dari ruang insan cita.

Program yang diinisiasi oleh Ketua dan Sekretaris Bidang Partisipasi Pembangunan Daerah HMI Cabang Bogor, Roni Ritonga dan Muhammad Indra Gunawan ini, merupakan salah satu agenda persentuhan mahasiswa dan masyarakat.

Roni mengatakan, kegiatan tersebut dimulai dengan membersihkan pinggir dan aliran sungai di Desa Cibitung Wetan. Harapannya melalui program ini, kader HMI Cabang Bogor dapat berkontribusi langsung dalam membangun Kabupaten Bogor dengan mencoba mewujudkan desa yang bersih lingkungan dan desa yang tinggi minat bacanya.

Joni Iskandar selaku Ketua Umum HMI Cabang Bogor, menjelaskan, ruang insan cita harusnya menjadi agenda mutlak bagi semua elemen mahasiswa. “Selaku generasi muda yang dibesarkan dengan dalil-dalil akademik, mahasiswa punya tanggung jawab moral sekaligus intelektual,” katanya.

Dalam kunjungan di kediaman Kepala Desa Cibitung Wetan Urip Iskandar, pihaknya mengapresiasi kegiatan turun desa yang diselenggarakan oleh HMI Cabang Kabupaten Bogor. “Sudah sewajarnya jika HMI kembali lagi ke masyarakat, turun langsung dari singgasana akademiknya,” pungkasnya. (dns)