JAWA TENGAH

Warga Bersyukur Desanya dijadikan Sasaran Operasi TMMD

Warga di Desa Pengadegan, Kecamatan Majenang saat merehab rumah tidak layak huni Kamis (12/4/2018).

Jawakini.com, Cilacap – Sejumlah warga di Desa Pengadegan, Kecamatan Majenang merasa bersyukur wilayahnya dijadikan sebagai tempat pelaksanaan kegiatan TMMD Sengkuyung tahap I yang berlangsung satu bulan.

“Kita bersyukur menyambut baik adanya kegiatan TMMD ,” kata Supriyadi seorang tokoh masyarakat desa Pengadegan di sela-sela istirahat selepas pekerjaan rehab rumah tidak layak huni di dusun Ciakar desa Pengadegan, Kamis (12/4/2018).

Supriyadi juga mengatakan, kehadiran TMMD tersebut sangat membantu warga dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa Pengadegan selama kegiatan tersebut dilaksanakan dengan kegiatan fisik maupun nonfisik.

Pembangunan fisik seperti pengerasan jalan desa Pengadegan menuju desa Sada Bumi sepanjang 1.050 meter dan jalan menuju desa Boja sepanjang 610 meter pembuatan MCK serta RTLH. Pengerasan jalan tersebut juga nantinya akan memperlancar akses transportasi antara kedua desa bahkan ke perkebunan rakyat.

Sementara itu kegiatan nonfisik antara lain penyuluhan tentang keselamatan berlalu lintas, penyuluhan bahaya narkoba dan lainnya. Bahkan anggota TNI tersebut juga ikut membantu dalam suka maupun duka warga.

“Seperti saat warga yang sakit berdatangan ke Poskotis untuk berobat, anggota kesehatan TNI ikut membatu perawatan dan pengobatan. Banyak kontribusi yang telah diberikan,” kata Supriyadi.

Basuki salah seorang warga mengatakan, TMMD tersebut telah memberikan dampak positif bagi masyarakat di desa terpencil. “Seperti adanya pengerasan jalan mempermudah warga untuk membawa produksi hasil pertanian atau perkebunan,” katanya.

Dia juga mengatakan, sebelum adanya pengerasan jalan, masyarakat harus bersusah payah untuk mengangkut hasil kebun, pergi sekolah dan ke kota Majenang yang jaraknya puluhan kilo meter.Kendaraan yang digunakan untuk melewati jalan tersebut hanya tertentu saja, seperti sepeda motor trail atau yang telah dimodifikasi.”Tentunya nanti jalan tersebut bisa dilewati sepeda motor biasa bahkan kendaraan roda empat,” katanya.

Basuki menambahkan, kedepan berharap pemerintah daerah bisa meningkatkan jalan tersebut sehingga menjadi lebih baik. “Saat ini, bagimana kita menjaga apa yang telah dibuat, dikerjakan oleh TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap I tersebut,” terangnya. (gus)