OPINI

Lebih Baik Nyalakan Lilin, Daripada Mengutuk dalam Kegelapan

Oleh : Priyo Anggoro

SERINGKALI kita melihat di media sosial banyak yang berkata, harusnya pemerintah bekerja seperti ini dan seperti itu. Bahkan, ada lagi yang berkata tahun 2019 Presiden harus diganti, karena tak becus walaupun tidak tahu mau diganti oleh siapa? karena pemilihan presiden belum terjadi.

Lalu ada lagi, membangun jalan tol adalah kebijakan yg salah, karena ini dan itu. Dan masih banyak lagi kutukan – kutukan rakyat Indonesia kepada Presidennya.

Saya sedang tidak membela siapa – siapa menjelang tahun politik ini, hanya ingin memperlihatkan piciknya pemahaman sebagian dari kita sebagai bangsa berdaulat.

Pemimpin pun kita caci maki di hadapan publik. Bahkan di tingkat RT pun ada saja orang – orang yang berperilaku seperti itu. Seolah menjadi hobi mengutuk kinerja dan menunggu kesalahan diperbuat oleh pemimpinnya.

Padahal ada yg lebih penting dari itu, yaitu bagaimana kita berusaha mendorong Negeri ini maju. Kritik sangat diperbolehkan, asal saja didasari data dan kemudian di dasari lagi solusinya dengan penelitian atau setidaknya observasi yang kita lakukan.

Ada pepatah mengatakan “Lebih baik menyalakan lilin daripada hanya mengutuk dalam kegelapan”.

Melalui pepatah itu, sebaiknya kita memulai merajut kebersamaan untuk membangun rakyat Indonesia menuju Masyarakat damai, aman dan sejahtera.

Priyo Anggoro, adalah Dosen UNUGHA Cilacap, Jawa Tengah.