JAWA BARAT

Menangkan Pemilu, Partai NasDem Kumpulkan Para Saksi di TPS

Jawakini.com, Cijeruk – Partai NasDem mempersiapkan diri untuk menghadapi pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu), baik pemilihan kepala daerah (Pilkada) kabupaten/kota, provinsi 2018, legislatif, DPD dan pemilihan presiden 2019 mendatang. Salah satu upaya Partai NasDem untuk mengawal dan menjaga suara demi meraih kemenangan, mulai sejak dini Partai NasDem mempersiapkan saksi. Perekrutan saksi-saksi tingkat TPS (Tempat Pemungutan Suara), dilakukan secara nasional dan Provinsi Jawa Barat menjadi pionir.

Fungsionaris Dewan Pimpinan Pusat Partai NasDem yang juga bakal calon legislatif DPR RI, Sondang Tampubolon mengatakan, secara keseluruhan di Jawa Barat akan direkrut sebanyak 98 ribu saksi tingkat TPS. Sedangkan untuk di Kabupaten Bogor, akan direkrut sebanyak 13.800 saksi TPS.

“Yang jadi pionir dari konsep saksi TPS ini Jawa Barat. Dan Kabupaten Bogor sudah memulai. Hingga saat ini dari target di Kabupaten Bogor 13.800 saksi TPS,” ujarnya saat membuka kegiatan Training of Trainers (ToT) terhadap para saksi TPS se Kecamatan Cijeruk, di Vila Ikan, di Kecamatan Cijeruk, Minggu (30/10).

Sondang menjelaskan, tujuan dari ToT tersebut untuk mempersiapkan Partai Nasdem dalam menghadapi Pileg 2019. Dan para calon saksi yang sudah direkrut itu akan diujicobakan pada pilkada 2018.

“Di sini, kita akan mempersiapkan orang-orang Partai NasDem disetiap TPS di Kabupaten Bogor yang seluruhnya berjumlah 10.300 TPS,” katanya.

Bagi Partai NasDem, lanjut Sondang, ToT itu sangat penting. Pertama untuk mencegah, suara partai dicurangi di setiap TPS. Kemudian untuk mengawal, juga menjaga.

“Jadi untuk memastikan kemenangan target- target, khususnya di Kabupaten Bogor,” paparnya.

Gebrakan atau terobosan konsep ToT ini, menurutnya berdasar dari evaluasi pemilu sebelumnya. “Ini evaluasi pemilu 2014. Mungkin karena pengalaman pertama, jadi tidak di semua TPS ada saksinya. Sehingga dari pengalaman itulah kita mulai dari sekarang,” jelasnya.

Secara keseluruhan, pelaksanaan ToT itu sudah dilakukan sejak tahun lalu. Hanya saja dilakukan pada tingkat ranting.

“Yang hari ini tingkat TPS. Kalau tingkat DPRD atau ranting sudah sebelumnya kita rekrut. Jadi ini proses sudah sejak tahun 2016 lalu,” ungkapnya.

Selain di hadiri Sondang Tampubolon, dalam kegiatan ToT di Kecamatan Cijeruk itu hadir juga Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Bogor, Laode Albert Pribadi, Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) DPRD Kabupaten Bogor daerah pemilihan (Dapil) tiga, Indra Surkana.

“Melalui kegiatan ToT ini, diharapkan di pemilu nanti suara Partai NasDem terdongkrak dan menjadi pemenang. Saya juga sebagai Bacaleg DPRD Kabupaten Bogor di dapil 3, pastinya menargetkan suara terbanyak untuk duduk di kursi parlemen,” tukas Indra Surkana yang juga dipercaya sebagai penanggung jawab pelaksana kegiatan ToT di wilayah selatan Kabupaten Bogor. (ris)

Jawakini | Sumpah Pemuda

Jawakini | Dirgahayu TNI

Jawakini | Media Digital Terkini

Jawakini | Media Digital Terkini

POPULAR POST

NASIONAL

SPORT

ENTERTAINMENT