JAWA BARAT

Hore, Naik Bus Pariwisata di Kota Bogor Gratis

Jawakini.com, Bogor – Tak lama lagi Kota Bogor akan memiliki bus pariwisata. Satu unit bus pariwisata ini didapat dari dana Corporate Social Responsibility (CSR) Bank Jabar. Bus pariwisata ini juga nantinya akan memfasilitasi masyarakat Kota Bogor yang hendak berkeliling mengunjungi sejumlah tempat wisata di Kota Bogor tanpa dipungut biaya alias gratis.

Demikian hal ini disampaikan Krisna Kuhcahyo, Direktur Perusahaan Daerah Jasa Transportasi (PDJT) Kota Bogor saat melakukan audiensi dengan Walikota Bogor Bima Arya, di Ruang Tamu Walikota, Balaikota Bogor, Senin (16/5/2016). Turut hadir mendamping walikota, Asisten Ekonomi Kreatif, Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat (Ekbang Kesra) Toto M. Ulum.

Krisna mengatakan, bus pariwisata ini ditujukan untuk memfasilistasi masyarakat Kota Bogor agar bisa mengelilingi tempat wisata di sekitar Kota Bogor. Untuk rute bus akan dibicarakan dengan Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Bogor terlebih dahulu. “Pengelolaan bus pariwisata ini dilakukan serah terimanya kepada Komunitas Bogor Sahabat (Bobat) karena BUMD tidak bisa menerima CSR,” ujar Krisna, seperti Hallobogor.com.

Rencananya, lanjut Krisna, bus tersebut akan dilaunching sekitar Agustus mendatang karena proses pembuatan bus membutuhkan waktu hampir 60 hari. Bus pariwisata juga didesain cukup unik mulai dari tempat duduk, dan ada ornamen kujang sebagai ciri khas Kota Bogor. “Bus ini bisa dinikmati masyarakat dengan gratis sehingga masyarkat bogor bisa terfasilitas ketika ingin mengelilingi tempat wisata di Kota Bogor,” jelas Krisna.

Sementara itu, Asisten Ekbang Kesra Toto M. Ulum selaku Ketua Forum CSR BJB menambahkan, komunitas Bobat sebelum dilakukannya serah terima harus terlebih dahulu mengajukan proposal ke Bank BJB. “Proposal tersebut akan diperiksa BJB apakah bisa disetujui atau tidak. Setelah bus ada pengelolaan dilakukan PDJT tanpa adanya tarif,” pungkas Toto. (hrs).