JAWA TENGAH

Gema Shalawat, Iringi Peresmian Perpustakaan SMA YA BAKII

Jawakini.com, Kesugihan – Meski diwarnai rintik hujan, Habib Umar Bafaqih dan Syarifah terus melantunkan shalawat. Hal itu dilakukan dalam kegiatan Peresmian Gedung Perpustakaan dan RKB SMA Ya BAKII Kesugihan. Bangunan modern berwarna putih tulang memberikan psikologis yang tenang dan bersih.

Berbalutkan kuningan yang diukir sedemikian rupa dan berisi tentang nasihat dalam tulisan aksara jawa menghiasi seluruh tiang yang dimiliki gedung ini. Tulisan “Maca iku sawijining laku tumuju gapuraning ngelmu” menyambut pengunjung dengan warna silver berlatarkan cokelat muda yang memberikan kesan lembut yang seakan merayu untuk membaca.

Nasihat bahasa jawa  tersebut memiliki arti yang sama dengan peribahasa membaca itu jendela dunia (ilmu). Karena faktanya, masyarakat Indonesia pada umumnya dan Cilacap pada khususnya masih memiliki minat baca yang rendah. Kebudayaan masyarakat saat ini lebih mengedepankan budaya tutur.

Kepala sekolah SMA Ya BAKII, KH. Lubbul Umam mengatakan, diadakanya pembangunan perpustakaan tersebut, salah satunya untuk mendukung transformasi budaya menjadi budaya baca. “Yang penting adalah bagaimana memodelkan masyarakat Indonesia mencapai tataran berfikir fungsional guna meningkatkan mutu aplikatif,” kata KH. Lubbul Umam kepada Fokuscilacap.com, Rabu (23/3).

Menurutnya, misi utama perpustakaan adalah menyediakan dan mengelola akses terhadap sumber informasi agar selalu relevan. Perpustakaan diharapkan menjadi faktor pendukung menuju budaya kerja yang cerdas, inovatif, dan kompetitif. Diharapkan perpustakaan dapat menjadi wahana peningkatan minat baca masyarakat, sekaligus menjadi jembatan informasi edukatif yang memiliki dampak semakin luas.

Lantai dasar perpustakaan ini terdiri dari berbagai tempat bacaan, mulai dari koleksi umum, referensi umum, auditorium, braile, dan  tempat makan. Serta dilengkapi oleh ruang koleksi langka, perundang undangan, skripsi, dan ensiklopedi. Hampir seluruh buku dan peralatan yang berada pada gedung lama perpustakaan sudah dipindahkan ke gedung baru. “Gedung perpustakaan lama sudah pindah, sedangkan gedung arsip masih menyimpan beberapa dokumen,” ujarnya.

KH. Lubbul Umam mengatakan, dengan adanya kelas baru diharapkan dapat menambah kenyamanan belajar bagi para siswa. Selain itu sekolah dalam waktu dekat akan menyediakan fasilitas buku tunjangan belajar bagi para siswa. Karena tidak mungkin siswa harus membeli semua buku referensi.

“Dengan adanya kenyamanan membaca di gedung perpustakaan baru ini, diharapkan siswa dapat meningkatkan minat bacanya. Sehingga nantinya akan menambah wawasan mereka yang berdampak pada kenaikan prestasi belajar,” pungkasnya.

Sedangkan peresmian Perpustakaan, diawali dengan pembacaan maulid simthud-duror acara ini juga menghadirkan pengasuh PP. Al-Ihya ‘ulumaddin sekaligus pendiri yayasan Ya BAKII beliau Romo KH.Chasbullah Badawi. Selain itu, KH. Lubbul Umam SE, selaku kepala sekolah SMA Ya BAKII juga terlihat sibuk menyambut tamu dan jama’ah. Acara itu juga diakhiri dengan do’a yang dipimpin oleh Habib Umar Bafaqih. (zid/fkc)