GAGASAN Uncategorized

Pernah Mangkir Dari Panggilan Pansus, Lino Klaim Perpanjangan Kontrak Menguntungkan

20151204_1832351-438x350

Jakarta – Direktur Utama PT. Pelindo II Richard Joost Lino menyebutkan perpanjangan kontrak antara Jakarta International Container Terminal (JICT) dengan Hutchison sangat menguntungkan. Jika JICT melakukan perpanjangan kontrak dengan perusahaan asal Hongkong tersebut, IPC dapat membangun pelabuhan-pelabuhan di Indonesia.

Lino menyebutkan pihaknya bakal mengadakan nota kesepahaman dengan Pelindo 1 untuk mengoperasikan pelabuhan Belawan, Sumatra Utara.

“Pekan depan, Selasa ( 8/12/2015), kita taken MoU dengan Pelindo 1, untuk take over dan mengoperasikan Pelabuhan Belawan dan mengembangkan Pelabuhan Kuala Tanjung dan Perpanjangan kontrak JICT dengan Hutchison sangat menguntungkan Indonesia. Dengan structure finance yang baik, kita bisa membangun dimana-mana,” ujarnya di DPR, Jakarta, Jumat (4/12), seperti dikutip Radarpolitik.com.

Lalu, bersama Pelindo IV, lanjut Lino, “Kita juga take over dan mengoperasikan Pelabuhan Makassar, Bitung, Ambon dan Sorong. Dengan Pelni dan Pelindo III, kita akan mengembangkan terminal di Bali, NTB dan NTT, kapal juga disediakan,” Ungkapnya.

Pengembangan pelabuhan-pelabuhan itu disebut-sebut oleh Lino berkat adanya perpanjangan kontrak JICT dengan Hutchison. Menurutnya, itu merupakan sumber pembiayaan pembangunan yang dilakukan IPC.

“Kenapa bisa? Salah satu sumber pembiayaan kita berasal dari perpanjangan JICT yang sangat menguntungkan itu. Selain itu, tentunya ada kontrak baru kita dengan New Priok. Ini semua membuat kemampuan IPC memiliki dana di bank sebesar Rp 18,5 triliun,” jelasnya.

Lino yang datang didampingi stafnya menyambangi ruang rapat Pansus Pelindo II di DPR, menepis rumor yang beredar di media tentang dirinya mangkir saat dipanggil Pansus Pelindo. Dia menegaskan dia tidak pernah mangkir dari panggilan Pansus.

“Pertama saya mau menegaskan. karena ada beberapa media yang menyebutkan saya mangkir dari Pansus, itu tidak benar. Saya baru dapat undangan kemarin. Saya tidak pernah mangkir dari Pansus,” ujarnya. (roy/rdp)