ENTERTAINMENT SPORT Uncategorized

Digaji Rp 20 Juta/Bulan, Tenaga Humas Pemerintah akan Ditempatkan di Kementerian

2015-12-07-22.12-712x350

Jakarta – Orientasi bagi 49 Tenaga Humas Pemerintah (THP) terpilih dilakukan pada 7 – 31 Desember 2015. Terhitung 1 Januari 2016, mereka siap ditempatkan di tiap kementerian/lembaga dengan rerata salary Rp 20 juta/orang.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara resmi mengukuhkan 49 Tenaga Humas Pemerintah (THP) di Gedung Kementerian Kominfo, Jakarta, Minggu (6/12/2015).

Mereka terdiri dari sembilan PNS dan 40 orang non-PNS yang terpilih setelah melalui seleksi ketat dan mengungguli 7.000 pelamar.

Rekrutmen THP ini merupakan tindak lanjut dari terbitnya Inpres No 9 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Komunikasi Publik.Kepada mereka, Rudi mengucapkan selamat datang dan bergabung. Selanjutnya, mereka akan mengikuti masa orientasi hingga 31 Desember 2015.

Pada masa orientasi tersebut mereka tidak hanya belajar tentang komunikasi, lebih dari itu, belajar sistem pemerintahan, ketahanan nasional, dan pendalaman materi yang disampaikan langsung oleh menteri-menteri terkait bidang. Keberadaan THP terbilang vital.

Hal ini dikarenakan peran mereka bukan sekadar berkomunikasi, tapi juga mengintegrasikan informasi lintas kementerian/lembaga sehingga menjadi kesatuan yang utuh.

“Mereka bisa memberikan laporan dan berinteraksi langsung dengan menteri,” kata pria yang akrab disapa Chief RA itu.

Meski bisa berinteraksi langsung dengan menteri, Chief RA menekankan, peran THP bukan untuk menggantikan tenaga humas yang sudah ada.

“Tugas mereka menyinkronkan, menjalin integrasi informasi dari lintas kementerian yang disampaikan ke publik,” ujarnya tegas. “Pada akhirnya, menteri bisa merespons kepada stakeholders atau siapapun secara cepat dan berkualitas,” imbuhnya.

Untuk itu, baik kepada THP maupun pranata humas eksisting, ia mengimbau agar bekerja sama untuk wujudkan pemerintahan yang lebih baik. “Kerjasama itu sama-sama bekerja, turun tangan sama-sama. Bukan yang satu cuma tanda tangan yang lain bekerja,” pungkasnya, seperti dikutip Prindonesiamagz.com. (ist)